Minggu, 26 Mei 2013

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

 
Everett M Rogers menyebutkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi
melalui empat era, yaitu :
a. era komunikasi tulisan (4000 SM – hingga kini)
b. era komunikasi cetak (1456 – hingga kini )
c. era telekomunikasi (1844 – hingga kini)
d. era komunikasi interaktif (1946 – hingga kini )
Namun bila dilihat pada dari perkembangan teknologi secara keseluruhan maka perkembangan teknologi komunikasi yang tersusun secara periodik melalui empat tahap seperti di paparkan dibawah ini :
  1. Zaman pra-sejarah
  2. Zaman transisi
  3. Zaman revolusi industri dan pasca revolusi industri
  4. Zaman modern
  5. Perkembangan teknologi komunikasi zaman Pra-sejarah
1)      Tahap Memori Aiding Stage : ( > 20.000 SM)
Pada tahap ini manusia masih berada dalam tatanan zaman primitif. Komunikasi diantara mereka sebatas hanya pada anggota kelompok mereka. Jadi komunikasi hanya diarahkan pada inter kelompok dan belum antar kelompok. Pada masa ini alat bantu yang digunakan dalam bentuk bahasa isyarat, yang juga disebut dengan Body language. Mereka belum mengenal bahasa verbal, apalagi alat bantu lain dalam proses komunikasinya.
2)      Tahap Pictorial Era Periode
Pada tahap ini selangkah peradaban dan kebudayaan mereka tambah maju. Komunikasi tidak saja sebatas anggota dalam kelompoknya, tetapi juga pada kelompok yang lain. Jadi tidak lagi inter kelompok, tetapi sudah antar kelompok. Diperkirakan oleh para ahli, pada tahap ini mereka juga sudah mengenal bahasa verbal atau bahasa ucap (walaupun juga masih sederhana). Salah satu kemajuan lainnya yang dicapai peradaban masyarakat pada masa ini ialah dengan diciptakannya lambang-lambang visual sebagai alat bantu mereka didalam proses komunikasinya. Alat bantu visual tadi berupa gambar-gambar binatang yang peninggalannya banyak ditemukan di dinding-dinding gua. Adanya lukisan-lukisan itu maka diperkirakan manusia telah dapat memformulasikan pesan-pesan dengan menggunakan media bantu simbol Visual dengan kategori yang sederhana. Gambar atau lukisan tadi disebut dengan Pictogram.
3)      Tahap Ideographic Stage
Peradaban komunikasi khususnya pada umumnya mulai selangkah lagi lebih maju. Pada tahap ini mereka telah dapat memformulasikan huruf-huruf sebagai lambang visualnya. Huruf-huruf sebagai lambang komunikasinya disebut dengan Huruf Ideogram, yakni satu bentuk huruf yang didalamnya mencakup pengertian 1 ide atau bisa disebut satu huruf bukan merupakan makna satu bunyi akan tetapi satu pengertian atau konsep. Contoh dari Ideogram ini adalah huruf Hyreogliph, yakni bentuk huruf dari mesir kuno yang dapat dikuak rahasianya (diterjemahkan / dibaca) oleh Champollion (ahli sejarah Prancis yang dibawa oleh ekspedisi Napoleon 1822). Sedangkan model huruf ideogram yang ada sampai saat ini adalah huruf Cina ). Pada fase ini manusia juga sudah menggunakan bahasa lisan sebagai alat komunikasi primer secara sempurna. Huruf Hyrogliph (Mesir).
4)      Phonetic Stage
Pada tahap ini manusia dapat menyusun abjad huruf seperti apa yang kita kenal saat ini. Abjad yang tersusun secara teratur saat ini berasal dari tulisan yang tidak berabjad secara teratur yang diketemukan Situs di pulau Kreta, pusat kebudayaan Minea kuno. Seorang sarjana archeologi Inggris, Sir Arthur Evons, menemukan peninggalan tulisan berbentuk baris dari tahun 1700-1550 SM. Tulisan tadi dibagi dalam bentuk A dan B. Dari bentuk Alpha dan Betha tadi maka seiring dengan kemajuan peradaban dan kebudayaan manusia muncullah apa yang kita kenal dengan istilah “Alphabet”, yakni susunan symbol/tanda yang menggambarkan unsur-unsur suara pribadi seseorang manusia. Disamping Alphabet, pada tahap ini manusia juga menemukan media sebagai cikal bakal media massa dalam proses komunikasi manusia. Media itu adalah bernama Acta Diurna, yang diperkenalkan oleh Yulius Caesar pada 100-44 SM. Acta Diurna adalah berupa papan tempel yang didalamnya ditempelkan informasi-informasi aktual yang perlu diketahui oleh masyarakat. Media Acta Diurna yang artinya catatan harian ini dianggap sebagai cikal bakal surat kabar modern. Hal ini disebutkan unsur-unsur yang ada pada Acta Diurna ini seperti unsur-unsur yang melekat pada surat kabar modern.
  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi Masa Transisi (1100 – 1750)
Pada masa ini di Cina tahun 1190 telah ditemukan tulisan-tulisan dalam bentuk buku Kaligrafi tujuh puisi.. Pada abad ke 14 muncul beberapa pabrik kertas di Eropa yang mengacu pada teknologi yang dimiliki bangsa China. Munculnya pabrik kertas muncul pula surat kabar yang ditulis dengan tulisan tangan seperti Strange News di Ingris, Gazetta di Itali, Nova di Perancis. Pada tahun 1440 seorang bangsa Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak yang menjadi tonggak berlakunya komunikasi menggunakan simbol-simbol tercetak. Tahun 1452 Gutenberg telah menggunakan plat metal untuk sistem mesin cetaknya yang terdiri dari 42 baris
  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi Masa dan Pasca Revolusi Industri (1750 – 1900 )
Perkembangan teknologi pada masa ini didahului dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Untuk mengatasi masalah dengan melakukan ekspansi ke luar eropa maka teknologi yang pertama masa ini adalah dengan ditemukannya Mesin telegraf oleh Morse pada tahun 1832 Mesin telegraf samuel Morse.
  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi Zaman Modern (1940 – sekarang )
Era ini mulai muncul ketika tahun 1942 ditemukan komputer mainframe pertama di Philadelphia Amerika Serikat yang disebut sebagai ENIAC ( electronic numerical integrator and calculator ) Lompatan yang menakjubkan pada zaman ini adalah ditemukannya media yang disebut sebagai “multi media” yaitu perpaduan tiga teknologi utama yaitu telepon, komputer dan televisi atau dalam istilah lain disebut sebagai pertemuan 2 C yaitu computer and communication. Kemudian munculah istilah interactive multi media yang menjadikan zaman modern ini sebagai masa komunikasi interaktif.

1 komentar:

ITAL HUSAIN mengatakan...

BAGUS,IJIN SALIN

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Berikan Senyuman Terbaikmu ;)