Senin, 27 Mei 2013

Karakteristik Media Online

 
Media online, termasuk salah satu agen informasi yang banyak dicari oleh khalayak pada saat ini. Karakteristik yang dimiliki oleh media ini membius para khalayak yang haus akan informasi.
1.      Karakteristik yang paling populer yang dimiliki oleh media online adalah sifatnya yang real time. Dalam artian, berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung.
2.      Karakter lainnya yang membuat media online menjadi begitu banyak diasumsi adalah sifatnya yang interaktif. Dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, karya-karya jurnalisme online dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber-sumber lain. Dalam hal ini berarti, pengguna/pembaca dapat menikmati informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas bahkan berbeda. Interaktifitas juga dapat dilihat dari adanya pemberian feed back / umpan balik dari pembaca yang membaca sebuah berita melalui kolom komentar yang disajikan di bawah berita yang dtampilkan. Sehingga para pembaca dapat memberikan kritik dan sarannya serta bertukar pikiran dengan pembaca yang lainnya.
3.      Selain itu juga, menyertakan unsur-unsur multimedia adalah termasuk karakteristik lain dari media online yang tidak kalah penting, sehingga mampu menyajikan bentuk dan isi publikasi yang lebih kaya di dalam sebuah web. Seperti dalam terminology internet, ada istilah hoax. Jika suatu berita tidak disertai dengan multimedia baik berupa gambar atau video bisa jadi berita tersebut diragukan kepercayaanya.

Sedangkan karakteristik yang dimiliki oleh media mainstream
1.      Media Mainstream terpusat pada suatu hal, mengawasi secara ketat, membakukan norma dan nilai yang lama, mengarahkan perilaku seseorang untuk menciptakan dukungan kepada pusat kekuasaan. adapun isi pesan yang disampaikan sangatlah selektif dan saling berkaitan.
2.   Produksi yang dihasilkan itu berupa produksi yang kreatif,distandarisasi,rutin dan terkontrol. Hubungan yang dimiliki oleh pemberi pesan dengan penerima pesan memiliki hubungan yang dominan, manipulatif, dan asimetrik.
3.      Jangkauan yang dimiliki oleh media mainstream ini terbilang luas dan penyebaran informasinya berbentuk vertikal dan searah (monolog), sehingga peran masyarakat didalamnya tidak termasuk kelompok yang partisipan akan tetapi termasuk kelompok sasaran. Adapun contoh dari media mainstream ini adalah televisi, radio, koran, majalah, dan lain sebagainya.
Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.

Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
- situs berita berupa "edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
- situs berita berupa "edisi online" media penyiaran radio.
- situs berita online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
- situs "indeks berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.

Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
- News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran
- Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
- Website pemerintahan
- Website kelompok kepentingan (interest group)
- Personal website (blog)
- See more at: http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/jenis-dan-kredibilitas-media-online.html#sthash.rowIv9Cx.dpuf

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Berikan Senyuman Terbaikmu ;)