Minggu, 26 Mei 2013

Sejarah Perkembangan Radio

 
Sejarah Perkembangan Radio
Dasar dari teori perambatan gelombang elektromagnetik pertama di jelaskan pada tahun 1873 oleh James Clecrk Maxell. Dalam papernya di Royal Society mengenai teori donamika mean elektromagnetik, hasil dari penelitian yang dikerjakan antara 1861 dan 1865.
Untuk pertama kalinya, Heinrich Rrudolf Hertz telah membuktikan teori Maxwell yaitu antara 1886 dan 1888, dengan melakukan eksperimen. Dia berhasil membuktikan bahwa radiasi gelombang radio memiliki sifat-sifat gelombang dan sekarang disebut dngan gelombang Hertzian. Dia juga menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat dirumuskan kedalam persamaan gelombang.
Radio dalam kehidupan sehari-hari digunakanb sebagai sarana penyampaian informasi. Suara yang didengar dari pesawat radio merupakan perubahan bentuk energi elektromagnetik dari gelombang radio yang ditangkap oleh pesawat radio, lalu dubah melalui pengeras suara sehingga mendapatkan hasil bunyi yang bisa kita dengar.
Suara yang didengar dari pesawat radio dapat berisi tentang hiburan, misalnya musik, humor serta berita dan berbagai informasi yang dapat diterima. Jadi istilah RADIO pada umumnya masih rancu. Pengertian radio pertamanya adalah alat/pesawat untuk mengubah gelombang radio menjadi gelombang bunyi/suara. Sedangkan pengertian lain dari radio adalah gelombang radio yang merupakan bagian dari gelombang elektromagnetik.
Radio adalah media elektromagnetik yang termurah, baik pemancar maupun penerimanya. Berarti terdapat ruang untuk lebih banyak stasiun radio dan lebih banyak pesawat penerima dalam sebuah perekonomian nasional. Radio dibandingkan dengan media lainya adalah biaya yang rendah sama artinya dengan akses kepada pendengar yang lebih besar dan jangkauan lebih luas kepada kaum dengan tingkat ekonomi yang rendah. Itu keuntungan dari radio.
Ada keuntungan radio, tapi ada pula dampak negatif dari penggunaan radio. Radio memiliki gelombang yang dapat menimbulkan induksi gelombang elektromagnetik, induksi gelombang elektromagnetik dapat mempengaruhi ion positif dan ion negatif disekeliling pancaran radionya, muatan(ion) positif dan negatif didalam tubuh terjadi keseimbangan apabila tidak mendapatkan pengaruh terutama dari radiasi gelombang elektromagnetik, dan lainnya.

1 komentar:

SUWOKO INDUSTRIES mengatakan...

Kalau history kenapa dipilih istilah radio, gimana?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Berikan Senyuman Terbaikmu ;)